Thursday 4 July 2019

Penggerak Motor 3 Phase Dengan Pengasutan STAR DELTA

Rangkaian Star Delta ialah sirkuit yang paling sering dipakai untuk mengoperasikan motor 3 phase karena memiliki cukup besar daya. Untuk menggerakan motor tersebut memang diperlukan daya awal yang besar, serta dengan jenis rangkaian ini dimana rangkaian star dipakai hingga semuanya menjadi stabil akan rangkaiannya dirubah jadi delta.

Rangkaian Star Delta juga memiliki fungsi lainnya yaitu mengurangi jumlah arus start disaat motor untuk pertama kalinya dihidupkan. Karena fungsi inilah, star delta paling banyak digunakan pada sistem starting dimotor-motor listrik. Pemakaian rangaian ini akan mengurangi lonjakan arus-listrik pada saat motor di stater. Prinsip kerjanya adalah dengan membuat star awal menjadi tidak dikenakan tegangan secara penuh, yaitu dengan cara dihubungkan dengan star. Kemudian saat motor telah berputar serta arus menjadi menurun, fungsi timer pun berjalan yang akan memindahkan dengan otomatis rangkaian menjadi delta. Dengan berubahnya menjadi delta, maka arus yang melalui motor akan menjadi penuh.


Pengasutan Motor Induksi dengan bintang/Star-deltaPada pengasutan ini selama periode start lilitan motor akan berada dalam hubungan bintang dan setelah selang waktu tertentu akan berpindah ke hubungan lilitan delta. Dengan cara ini kenaikan arus start dapat dibatasi hingga sepertiga kali saja dibandingkan bila motor langsung terhubung delta.

GAMBAR RANGKAIAN


No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...