Friday 11 October 2019

Gambaran Pekerjaan di PT AHM

Bismillahirrahmanirrahim, Selamat malam teman teman Untuk postingan kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran Bagaimana pekerjaan saya dulu di PT Astra Honda Motor?
Mungkin untuk postingan sebelumnya saya sudah sedikit bercerita Pengalaman Kerja Di AHM.

OK, langsung saja ke ceritanya. Jadi sebelum kita bekerja di sebuah perusahaan pasti akan melewati proses training, Jadi fungsi dari trainning ini agar calon karyawan nantinnya sudah siap melakukan pekerjaannya sesuai dengan bagian kerjanya. Untuk bagian produksi, bagian bagian kerja di AHM secara garis besar terbagi beberapa seksi atau departemen yaitu : Die Casting, Machining (Crankcase, Silinder Head, Cranshaft, Silinder Comp), Assy Engine, Assy Unit, Welding, WAHO, PC, Stripping. Dan saya mendapatkan bagian Machining Crankcase. Untuk penempatan saya di AHM Cikarang Plant One Pack


Pertama Proses Trainning.
Untuk proses trainning di bagian crankcase meliputi pengenalan bagian bagian mesin CNC (ada mesin jenis Fanuc, Egas, Rotary Milling, Fun Boring, Leak tester machine, Press Fit Machine), Bagaimana cara pengoperasian mesin sesuai dengan SOP, Belajar pengukuran (Untuk alat ukur ada yang namanya High Gauge>>Mengukur ketinggian, Vernier Caliper, Air Tester, Jig Gauge dll. untuk trainning ini berlangsung selama 1 minggu. Setelah itu kita mulai percobaan mengoperasikan mesin yang disini kita masih diawasi oleh senior, Proses ini berjalan selama 1 bln setelah itu kita mulai kerja mandiri.

Jam Kerja.
Di AHM untuk jam kerja terbagi dalam 3 shift, untuk shift 1 atau pagi mulai jam 07.00 sampai jam 16.00 (9 jam kerja), shift 2 atau sore mulai jam 16.00 sampai jam 00.00 (8 jam kerja), dan untuk shift 3 mulai jam 00.00 sampai jam 07.00 (7 jam kerja). Dan Kerja Di AHM itu enaknya setiap 2 jam kerja istirahat.

Produksi.
Untuk plant di One Pack (Cikarang) jadi hanya memproduksi 1 produk motor yaitu Beat.  Saat saya kerja dulu pada saat produksi normal dalam 1 hari (terbagi 3 shift ya) bisa memproduksi 2000 produk motor beat dan pada saat produksi sedang tinggi dalam 1 hari harus bisa memproduksi 3000 motor beat.

Penting!!!
Untuk teman teman kalau nanti bekerja Di AHM dan dapat bagian Machining jangan lupa 2 poin ini yaitu Cek Visual Dan Mengukur sesuai frekuensi pengukuran Karena setiap mesin frekuensi pengukurannya berbeda beda. Dan jangan lupa tentang nilai nilai One HEART, 1) Fokus on customers, 2) Respect other, 3) Teamwork, 4) Innovation, 5) Integrity.

Ok teman teman sedikit yang bisa saya ceritakan semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat untuk teman teman. TERIMA KASIH .

No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...