Monday 14 October 2019

Project Inkubator Bayi Setting via Android

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting yaitu sebuah rancangan project atau prototipe Inkubator Bayi Setting dari Android. Jadi project ini kami buat untuk tugas akhir sekolah makul Teknik Antarmuka.

Kelompok :
  1. Muchamad Arif Rianata
  2. Erik Andreas S
  3. Rizal Fauzi H   
Inkubator bayi berfungsi menjaga temperatur di sekitar bayi supaya tetap stabil, atau dengan kata lain dapat mempertahankan suhu tubuh bayi dalam batas normal sekitar 36,5 oC – 37oC.

Jadi nantinya alat ini bisa menjaga suhu dan kelembapan dan kita bisa mengatur suhu dan kelembapan di aplikasi yang sudah di buat melalui MIT APP INVENTOR, serta kita bisa memonitoringnya pada aplikasi android.

Alat Dan Bahan:
  1. Arduino Uno
  2. Bluetooth HC-05
  3. Sensor DHT11
  4. Kabel jumper
  5. Modul Relay
  6. Lampu AC
  7.  Kipas DC
Gambar Rangkaian:

Cara Kerja Alat:

Arduino UNO membaca temperature dan kelembaban dengan sensor DHT11 dan hasilnya dikirim ke Smartphone via Bluetooth. Tipe sensor yang dipakai adalah DHT11 dengan range pembacaan suhu 00C – 500C dan Kelembaban 20 – 80 %.  Data suhu kelembaban dikirim secara serial menggunakan bluetooth (Modul HC-05). Jika suhu yang terbaca kurang dari 32C dan kelembapan kurang dari 50%RH pemanas akan menyala dan jika suhu melebihi 35C dan kelembapan kurang dari 60%RH maka pemanas akan mati.

Di prototipe ini lampu AC nantinya di fungsikan sebagai pemanas dan kipas DC berfungsi untuk menjaga kelembapan.

Tampilan Aplikasi di Android:

Screen 1

Screen 2
 Program Arduino:


Program Aplikasi:

Screen 1
Screen 2

Dokumentasi Alat:

Oke teman teman mungkin dari alat yang kami buat ini masih banyak kekurangannya contohnya adalah settingan suhu dan kelembapan belum bisa di simpan di EEPROM, maksudnya setiap kali sistem mati maka settingan suhu dan kelembapan akan kembali ke settingan awal sesuai program arduino, lihat gambar dibawah:
Mungkin sampai disini dulu untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu kita. TERIMA KASIH.

No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...