Tuesday 3 September 2019

Cerita Pengalaman Kerja di PT AHM

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ini merupakan cerita pengalaman saya selama bekerja di PT ASTRA HONDA MOTOR.
sudah berlalu, 4 tahun semenjak saya memasuki dunia kerja. Pahit manisnya hidup sudah saya rasain selama bekerja di AHM, bagaimana rasanya merantau di kota besar, bagaimana rasanya jadi anak kos, sampai hidup jauh dari orang tua. Dan semua itu merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Saya merupakan Alumni dari SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan mengambil jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Dan kenapa saya memilih SMK dibanding SMA? Ya, karena dulu memang pandangan saya itu ingin sekali lulus dari SMK langsung bisa bekerja di sebuah perusahaan Bunafit (Besar). Awal mula ikut tes rekrutmen di AHM & dulu kouta untuk tes itu sangat terbatas jadi dulu setiap kelas itu hanya bisa mengambil 10 siswa untuk bisa tes dan kesepakatan kelas waktu itu di ambil yang rangking 10 besar saja, Dan Alhamdulillah saya termasuk yang bisa ikut tes waktu itu dan waktu itu saya masih kelas 2 smk dan bisa dikatakan proses Rekrutmen di AHM itu sangat lama jedanya antara tes psikolog, interview dan medical cek up. Dan untuk tes pertama adalah tes psikolog atau psikotes dan menurut saya tes ini adalah tes yang paling susah dan alhamdulillah saya lolos, dan masuk tahap tes yang kedua yaitu tes interview atau wawancara dan alhamdulillah saya lolos lagi dan masuk tes terakhir yaitu tes medical cek up dan alhamdulillah saya lolos. Untuk tes psikolog dan interview dilakukan di SMK N 5 SURAKARTA dan untuk tes kesehatannya bertempat di Klinik Budi Sehat Surkarta.

Setelah lolos dari semua tes itu ada pengenalan tentang perusahaan PT AHM dan disampaikan langsung oleh HRD AHM, dan selanjutnya adalah pengumuman gelombang pemberangkatan dan kalau tidak salah saya masuk di gelombang ke dua untuk pemberankatannya yaitu sekitar bulan Agustus 2015. Sebelum kerja ada proses Tanda tangan kontrak yang dilakukan di AHM Sunter dan untuk kontak pertama saya selama 10 bulan. Setelah tangan tangan kontrak ada pembagian seragam meliputi baju, celana, topi, sepatu. Lalu pembuatan rekening bank dan ID Card.  Selanjutnya adalah penentuan penempatan kerja, Karena AHM ada 4 plant, Yaitu, Sunter, Pegangsaan, Cikarang, & Karawang. Dan saya masuk di penempatan plant cikarang (Kawasan Industri MM2100). 

Selanjutnya adalah penentuan bagian kerja. Secara garis besar di AHM ada beberapa bagian pekerjaan dan semua itu saling berhubungan yaitu ada Die Casting (Peleburan Baja), Machining, Assembing Engine, Assembling Unit, PC, WAHO, Welding, Strippling. Dan saya mendapat bagian Machining Crankcase. Awal bekerja di AHM  yaitu ada proses training untuk bagian saya ada pengenalan tentang mesin mesin CNC, cara mengoperasikan mesin, dan cara pengukuran dengan alat alat ukur yang di sampaikan langsung oleh Teknisi AHM, seingat saya proses trainning ini dilakukan selama dua minggu, untuk trainning selanjutnya saya langsung di suruh mengoperasikan mesin tapi disini masih diawasi oleh senior dan untuk proses ini dilakuakn selama 3 minggu dan dalam pegawasan senior.


Salah satu dokumentasi saya saat bekerja, ini merupakan bagian test kebocoran part dengan mesin Leak Tester Machine.
 
Kehidupan Jadi anak kos .  Dan untuk tempat tinggal saya di kampung jarakosta dan mungkin untuk teman teman yang penempatannya di cikarang pasti juga tau karena kebanyakan anak AHM kos nya banyak yang di jarkos.

Gaji di AHM. Untuk tahun 2015 UMR di Cikarang sekitar 3.600.000 + uang tranpot 600.000/bln itu belum termasuk lembur. Itulah salah satu manisnya kerja di luar kota gajinya yang besar.

9 bulan sudah berlalu sebelum masa kontrak pertama habis, Alhamdulillah saya diperpanjang lagi untuk kontrak yang kedua selama 10 bulan lagi, untuk tandan tangan kontrak yang kedua di lakukan di AHM Cikarang.


Mungkin sampai disini dulu cerita pengalaman saya selama kerja di AHM semoga dapat menambah wawasan teman teman yang nanti juga ingin bekerja di AHM.

25 comments:

  1. Ahm Sunter tb 160-162 an lolos gk ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba daftar aja mas, InsyaAllah kalau memang rezekinya bisa aja lolos

      Delete
    2. Teman saya 160 cm lolos

      Delete
    3. Iya mas itu cuma masalah nasib sebenarnya, kalau emang rezekinya InsyaAllah lolos

      Delete
    4. Karyawan wanita nya ada ga disana mas?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. sehabis mcu berabgkat sigap nunggu berapa bulan bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nanti kita masuk gelombang berapa? Kalau gelombang pertama ya paling habis mcu nunggu 1 atau 2 bln langsung berangkat.

      Delete
  4. Cewek kira"bisa masuk Di AHM ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah bisa kak, karena di ahm karawang juga banyak operator nya wanita

      Delete
  5. Maaf bang,,klo udah training gak ada sleksian lg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab : gaada bang pengalaman saya kalo sudah training sudah di pastikan bekerja,, kalaupun kita kurang mahir di bagian yg di tugaskan mungkin bakal di pindah ke bagian lainnya, contohnya temen saya dulu di bagian machining tapi menurut teknisinya kurang cocok di machining akhirnya di pindah ke bagian assembling,, jadi intinya kalo sudah training sudah di pastikan bekerja...

      Delete
  6. Mas masih kerja di pt ahm.. kulo nggeh Sukoharjo mas tepate SMK TUNAS BANGSA TAWANGSARI.. nmbe bar interview ning smk 5 Surakarta mas. Nyuwun dongane mugo lolos mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah habis kontrak mas.
      Ya mas semoga bisa lolos dan bisa bekerja di AHM.

      Delete
  7. Mau tanya mas, kalo tes MCU ahm yg di periksa meliputi apa saja ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya meliputi: 1) tes tinggi badan dan berat badan, 2) cek darah, 3) tes urin, 4) tes mata, 5) bagian dada di ronsen

      Delete
  8. Bang pengen tanya nih , saya sudah lolos tes tinggal 1 lagi , yaitu kesehatan , nah pertanyaan saya ,. Tes kesehatan AHM biasannya berupa apa bang ......
    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. Bang ada kontak yang bisa d hubungi email gtu.. saya mau tnya2 AHM

    ReplyDelete
  10. Apakah ada aturan ukuran rambut saat bekerja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Sudah kerja, bebas Mas yang penting rapi, saat kerja Juga Pakai topi

      Delete
  11. Interview yg ditanyakan seputar apa saja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu cuma di suruh cerita tentang Keseharian saya apa, terus disuruh push up, di Tanya mau gaji berapa itu yang Saya ingat

      Delete
  12. Bikin pengajuan supaya di recall gimana bang?

    ReplyDelete

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...