Tuesday 17 March 2020

Cara Hidup Hemat Anak Kost

Berbicara soal anak kost selalu identik dengan kehidupannya yang mandiri dan jauh dari kedua orang tua. kenapa bisa menjadi anak kost kostan? Mungkin jawabannya ada dua hal yang menyebabkan seseorang harus ngekost. Yang pertama karena mungkin dia bekerja di luar kota di jakarta mungkin.  Disini saya juga pernah merasakannya orang ndeso yang sedang berjuang mencari uang di kota orang yaitu di cikarang. Dan yang kedua adalah anak kuliah yang sedang kuliah di kota orang.

Menjadi anak kost pada dasarnya adalah untuk melatih seseorang agar menjadi lebih mandiri karena dengan menjadi anak kost kita dituntut untuk mengatur segala sesuatunya sendiri. Mulai dari bangun tidur, makan, mencuci pakaian semuanya dilakukan sendiri. 

Menjadi anak kost harus pandai dalam mengelola kekuangannya apalagi anak kost yang kuliah bukan anak kost pekerja atau karyawan, karena kebanyakan anak kost yang kuliah masih bergantung kepada orang tuanya. Berikut adalah cara hidup hemat ala anak kost.

1. Cari Kost Yang Murah

Yang Pertama adalah usahakan mencari kost kostan yang murah dan yang dekat dengan tempat kita kuliah atau kerja, mungkin akan susah mencarinya tetapi kalau tidak dicari dulu tidak akan tau. keuntungan kost yang dekat dengan tempat kerja atau kuliah memungkinkan kita hanya jalan kaki bisa sampai di tempat kuliah atau kerja. Jadi akan hemat uang transportasinya.

2. Saat Makan

Cara yang kedua adalah saat makan, ada beberapa cara agar hemat saat makan yang pertama adalah masak nasi sendiri jadi kita hanya perlu beli lauknya dan minumnya atau lebih hemat lagi beli galon. Yang kedua adalah kalau tidak bisa masak sendiri usahakan cari tempat makan yang murah kalau di daerah jakarta dan sekitarnya cari aja warung tegal atau biasanya disebut warteg. Dijamin harganya murah apalagi kalau kita makannya lauknya sayuran sama gorengan dan minumnya air putih atau teh tawar mungkin hanya akan habis sekitar Rp. 10.000. Kalau yang ngekost di daerah solo dan sekitarnya cari HIK atau Angkringan. Atau mungkin yang sering puasa sunnah akan lebih hemat lagi.

3. Saat Cuci Pakaian

Usahakan Cuci pakain sendiri tidak usah di laundry karena hasil laundry juga belum tentu bersih hanya wangi saja mungkin.

Oke teman teman mungkin hanya itu beberapa cara hidup hemat anak kost semoga bisa menjadi bekal temen teman yang mau ngekost ataupun yang sudah ngekost dan semoga bisa bermanfaat. Dan kalau ada teman teman yang ingin share pengalaman ngekostnya atau yang punya tips lebih hemat lagi bisa komen di kolom komentar dibawah, Terima kasih.


3 comments:

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...