Friday 8 November 2019

Kenapa Harus Memilih Teman Yang Baik?



Bismillahirrahmanirrahim. Selamat malam teman teman jumpa lagi dengan saya, Oke teman teman untuk postingan kali saya akan membahas pentingnya memilih teman yang baik. 

Kita manusia sebagai makhluk sosial tidak akan bisa hidup sendiri pasti kita akan membutuhkan bantuan maupun pertolongan orang lain. Maka dari itu pentingnya memilih teman yang baik akan membantu kita jika kita dalam kesulitan. teman yang baik akan selalu ada jika kita membutuhkannya ketika kita dalam keadaan senang maupun keadaan susah. Teman yang baik akan selalu memberikan pengaruh yang baik dan sebaliknya teman yang buruk akan memberikan pengaruh yang buruk.


Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Artinya, “Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”(HR. Bukhori & Muslim).

Berteman akan memunculkan dua kemungkina, kemungkinan yang pertama jika teman kita baik atau kita berkumpulkan dengan orang orang yang baik setidaknya kita akan mendapatkan kebaikan dan sebaliknya. Berikut di bawah ini beberapa kata mutiara tentang teman yang baik dan juga perintah memilih teman yang baik.

"Teman atau sahabat yang baik adalah yang berani berterus terang dan membetulkan kesalahan kita agar kita tidak terus hanyut dalam dosa"

"Apabila engkau memiliki teman (yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah) maka peganglah erat erat dia, jangan pernah kau lepaskan. Karena mendapatkan teman baik itu susah, tetapi melepaskannya sangatlah mudah". (Imam Syafi'i)

"Rezeki itu bukan hanya uang, tetapi teman yang baik adalah Rezeki"

"Teman yang baik bagaikan cermin, apabila ia melihat kesalahan dari dirimu, ia akan meluruskanmu"

No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...