Sunday 10 November 2019

Nilai Satu Hati (One Heart Values)

Nilai Satu Hati (One Herat Values)
  • Focus on Costumers
  • Respect Other
  • Teamwork
  • Innovation
  • Integrity
1. Fokus on Customers
Fokus pada pelanggan
Definisi: Bersama sama membangun layanan yang berkualitas dan prima dengan cara yang tidak terduga secara tulus dan sepenuh hati sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan dalam lingkungan rangkaian mata rantai bisnis.

Perilaku Kunci:
  1. Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan dalam lingkungan rangkaian mata rantai bisnis.
  2. Menciptakan hal yang tak terduga atau wow effect dan memenangkan hati pelanggan.
  3. Memberikan layanan yang berkualitas dan prima sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan.
Perilaku Terpuji:
  1. Menggali kebutuhan implisit dan eksplisit pelanggan.
  2. Memberikan layanan terbaik dan sepenuh hati dengan cara yang tidak terduga.
  3. Menangani keluhan pelanggan dengan tanggap, tuntas, dan akurat.
  4. Proaktif mencari masukan dari pelanggan.
  5. Melakukan perbaikan layanan secara berkesinambungan.
  6. Membangun interaksi dengan pelanggan secara kontinyu.
Perilaku Tidak Terpuji:
  1. Memaksakan kehendak kepada pelanggan.
  2. Berpuas diri terhadap layanan yang diberikan.
  3. Mengabaikan ketidakpuasan pelanggan.
  4. Menyalahkan Pelanggan.
  5. Menghubungi pelanggan hanya jika diperlukan.
  6. Mengukur kepuasan pelanggan dari sudut pandang diri sendiri.
2. Respect Other
Menghargai sesama
Definisi: Menerima perbedaan dan menghargai sesama individu dengan didasari pemikiran yang terbuka, positif, dan bertindak secara asertif untuk mencapai kesepakatan bersama.

Perilaku Kunci:
  1. Bersikap terbuka dalam menerima segala perbedaan dan menghargai  sesama individu, dengan prinsip kesetaraan.
  2. Berpikir positif untuk mencapai kesepakatan bersama.
Perilaku Terpuji:
  1. Menyapa dengan santun.
  2. Bersikap adil tanpa memandang sara.
  3. Menerima dan menghargai perbedaan orang lain.
  4. Berpikir dan berkata postif.
  5. Menghargai kritik dari orang lain.
  6. Memberikan penilaian secara objektif dengan melihat fakta.
Perilaku Tidak Terpuji:
  1. Merendahkan orang lain.
  2. Berkata kasar dan memotong pembicaraan orang lain.
  3. Menghambat kesempatan orang lain untuk berkembang.
  4. Membiarkan terjadinya perilaku yang semena mena
  5. Mencurigai orang lain tanpa alasan.
  6. Sungkan dalam menyampaikan pendapat. 
3. Teamwork
Membina kerja sama
Definisi: Menghasilkan kinerja yang terbaik dengan saling berkontribusi untuk menjadi tim pemenang, sehingga mampu mencapai tujuan bersama.

Perilaku Kunci:
  1. Menghasilkan kinerja yang terbaik secara tim.
  2. Berkontribusi dalam tim untuk menjadi tim pemenang atau winning team.
  3. Berkomitmen mencapai tujuan bersama dan menjalankan keputusan tim.
Perilaku Terpuji:
  1. Terbuka terhadap masukan tim.
  2. Mengapresiasi keberhasilan anggota tim.
  3. Memahami tujuan tim.
  4. Mengutamakan kepentingan perusahaan.
  5. Mengerahkan segala upaya untuk keberhasilan tim.
  6. Saling membantu dalam tim untuk mencapai tujuan bersama sesuai kekuatan masing masing
  7. Mendorong orang lain untuk berkontribusi aktif.
Perilaku Tidak Terpuji:
  1. Merasa diri sendiri paling benar.
  2. Menyalahkan orang lain atas kegagalan tim.
  3. Menyembunyikan informasi yang diperlukan tim
  4. Ragu dalam mengeluarkan pendapat.
  5. Mengabaikan keputusan tim.
  6. Menciptakan konflik yang menghambat tujuan tim.
4. Innovation
Inovasi
Definisi: Selalu kreatif dalam menciptakan ide, mencari peluang perubahan atau trobosan, dan mengeksekusinya menjadi tindakan yang memberikan nillai tambah yang berlipat.

Perilaku Kunci:
  1. Mengidentifikasikan peluang perubahan atau terobosan yang memberikan nilai tambah.
  2. Menciptakan ide kreatif atau fresh thinking dan mengeksekusinya menjadi tindakan, supaya memberikan nilai tambah yang berlipat (exponential growth).
Perilaku Terpuji:
  1. Mencari inspirasi dari sumber mana saja untuk memunculkan ide kreatif.
  2. Terbuka terhadap perubahan.
  3. Peka terhadap kebutuhan akan perubahan.
  4. Berani mengemukakan ide ide baru yang memberikan nilai tambah yang berlipat.
  5. Mengimplementasikan ide ide baru melalui program inovasi perusahaan.
Perilaku Tidak Terpuji:
  1. Mengabaikan proses kerja lain yang terkait dengan area kerjanya.
  2. Membatasi diri untuk belajar hal hal baru.
  3. Berpuas diri terhadap kondisi saat ini. 
  4. Menghadapi masalah dan tantangan sebagai hambatan.
  5. Melakukan perubahan yang tidak sejalan dengan tujuan organisasi.
5. Integrity
Integritas
Definisi: Menjalankan pekerjaan secara konsisten dengan penuh dedikasi, jujur, dan bertanggung jawab sesuai dengan kompetensi, etika, serta peraturan yang berlaku.

Perilaku Kunci:
  1. Bertindak dengan dilandasi kejujuran dan penuh komitmen (walk the talk). 
  2. Menjalankan pekerjaan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.
  3. Memegang teguh nilai nilai moral dan etika.
Perilaku Terpuji:
  1. Menjalankan apa yang diucapkan (walk the talk).
  2. Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta.
  3. Tepat waktu.
  4. Bekerja dengan tuntas dan sepenuh hati. 
  5. Bertindak sesuai dengan nilai nilai moral, etika kerja dan etika bisnis, serta peraturan perusahaan lainnya.
  6. Memberi teladan kepada orang lain.
Perilaku Tidak Terpuji:
  1. Ingkar janji.
  2. Memberikan masalah berlarut larut tanpa penyelesaian.
  3. Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.
  4. Membiarkan Terjadinya pelanggara.
  5. Mengunakan posisi, fasilitas, dan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.
  6. Menjalankan pekerjaan tidak sesuai dengan prosedur. 
Sumber: BUKU NILAI Satu HATI. 

No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...