Sunday 25 October 2020

Sejarah Bahasa Pemograman C

Assalamualaikum Sobat Blogger dimanapun Berada, pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Sejarah Bahasa Pemograman C dan alasan mengapa dinamakan bahasa C.

Sejarah Singkat Bahasa Pemograman C

Bahasa C dikembangkan pada laboratorium Bell (USA) sekitar tahun 1972. Penciptanya adalah seorang pakar dalam berbgai bidang pemograman, bernama Dennis Ritche. Pertama kali C diwujudkan pada computer DEC PDP-11 yang memakai sistem operasi UNIX. Bahasa C sendiri merupakan lanjutan dari bahasa B. Bahasa pendahulu bahasa C ini diciptakan oleh Ken Thomson pada laboratorium Bell tahun 1970, yang digunakan untuk pengimplementasikan  dini dari UNIX.

Pada tahun 1978, Denis M Ritchie dan Brian W Kernighan mengeluarkan  buku berjudul "The C Programming Language" Buku ini selanjutnya digunakan sebagai acuan pembuatan berbagai Versi C.

Beberapa versi C yang diciptakan kemudian dirancang untuk dioperasikan pada sistem operasi yang lain seperti DOS, MS-DOS, Windows, Linux dan lain lain.

Untuk standarisasi terhadap bahasa C, American National Standard Institute membentuk team kerja untuk membuat C standard ANSI, yang dimulai pada tahun 1983. Standar ANSI inilah yang selanjutnya digunakan sebagai referensi dari berbagai versi C yang beredar sekarang ini, termasuk DevC++, Turbo C++, C++ Builder dan lain lain.

Bahasa C telah mengalami perkembangan dari waktu kewaktu sejak pertama kali di rilis. Alasan inilah yang menjadikan bahasa pemrograman C saat ini menjadi kurikulum di banyak sekolah di dunia dan menjadi rangking 2 bahasa pemrograman terpopuler. Bahasa C pun turut menginspirasi bahasa pemrograman lainnya seperti C++, C#, Java, PHP dan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Mode Operasi Unit CPU PLC Omron

Mode Operasi Unit CPU Unit CPU memiliki tiga mode operasi berikut. Mode PROGRAM: Program tidak dijalankan dalam mode Program. Mode i...